MAJENE  

Desa Bonde Utara Adakan Pagelaran Budaya, Ini Jadwalnya !

sorotcelebes.com | MAJENE — Indonesia memiliki tradisi dan sumber pengetahuan lokal yang sangat kaya dan hidup. Kedua hal itu menjadi dasar kuat untuk membantu melaksanakan rencana pembangunan Nasional. Oleh karena itu Kebudayaan harus dianggap sebagai aset penting yang berkontribusi terhadap pembangunan Nasional.

Salah satu cagar budaya dimiliki suku mandar Provinsi Sulawesi Barat patut dilestarikan adalah Messawe Totammaq. Messwawe Totammaq merupakan acara syukuran atas keberhasilan menghatamkan Al-Qur’an.

Acara dilakukan dengan arak-arakan keliling kampung menaiki Sayyang Pattudu (Kuda Menari) dan diiringi lantunan musik Rebana dan Kalindaqdaq (pantun khas mandar).

Baca Juga  Sekretaris Disdikpora Angkat Bicara Soal Penyegelan Sekolah di Majene

Untuk membangun daerah atau membangun bangsa maka budaya harus diperkuat. Salah satu upaya untuk memperkuat budaya adalah dengan melakukan Pagelaran, seperti kegiatan Pagelaran Budaya dan Khataman Al-Qur’an yang akan digelar Desa Bonde Utara, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Baca Juga  Lestarikan Budaya Messawe Totammaq, Desa Bonde Utara Arak 106 Sayyang Pattuduq

“Pagelaran budaya akan menguatkan nilai-nilai kebangsaan kita sebagai bangsa Indonesia, juga memperkuat nilai-nilai agama,” kata Ilham, S.Si Kepala Desa Bonde Utara, Kamis (13/07/2023).

Pagelaran budaya ini akan digelar pada hari Minggu 16 Juli 2023 mendatang di Lapangan bola Batu Lappa Dusun Bonde-Bonde, Desa Bonde Utara, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulbar.

Baca Juga  Jemaah Haji Kloter 18 Tiba di Majene

Dalam kegiatan itu, sebanyak 106 Sayyang Pattudu akan diarak keliling kampung. Selain itu, 60 becak hias akan ikut memeriahkan pagelaran Budaya tersebut.

DATANG DAN SAKSIKAN PAGELARAN BUDAYA MESSAWE TOTAMMA, DENGAN KHATAMAN AL QUR’AN DAN BECAK HIAS TINGKAT DESA BONDE UTARA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *