MAJENE  

Desa Buttu Baruga Sambut Tim Penilai Satkamling Dari Polda Dengan Pamacca

Suasana penyambutan Tim Penilai Satkamling Dari Polda Sulbar di Desa Buttu Baruga, Rabu 14 Juni 2023 (foto:Darman)

sorotcelebes.com | MAJENE — Pamacca merupakan seni bela diri yang dimiliki suku Mandar yang diwariskan nenek moyang secara turun temurun.

Sejak dahulu, Pamacca yang menjadi cagar budaya itu sering ditampilkan di Mandar sebagai seni pertunjukan. Ironisnya, Silat Pamacca yang gerakan silatnya berpadu dengan tabuhan gendang sudah sangat jarang ditampilkan.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Desa Buttu Baruga menampilkan secara khusus Silat Pamacca untuk menyambut Tim Penilai Pos Satkamling dari Polda Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

“Pamacca ini sengaja ditampilkan sebagai langkah nyata dukungan agar seni bela diri ini tetap lestari, saat ini sudah sangat jarang kita saksikan silat Pamacca tampil, padahal ini adalah cagar budaya warisan dari nenek moyang,” ujar Aripin, S.Kep Kepala Desa Buttu Baruga. Rabu (14/06/2023).

Baca Juga  Kapolda Sulbar Pimpin Sertijab Empat Pejabat Utamanya

Pos Kamling di Desa Buttu Baruga terpilih mengikuti Lomba Satkamling di tingkat Polda Sulbar sebagai perwakilan Kabupaten Majene melalui seleksi yang dilakukan Polres Majene sebelumnya.

“Desa kami sudah 2 (dua) kali dipilih untuk mengikuti lomba penilaian Satkamling di tingkat Polda dan alhamdulillah hasil tahun kemarin sangat membanggakan, semoga tahun ini desa kami terpilih sebagai perwakilan Polda Sulbar untuk mengikuti lomba tingkat Nasional,” ungkapnya.

Baca Juga  dr. Nurlinah Harap RSUD Majene Raih Akreditasi Paripurna Tahun Ini

Keberhasilan itu dicapai atas kerjasama seluruh lapisan masyarakat Desa Buttu Baruga serta pihak kepolisian yang senantiasa memberi saran dan masukan untuk mewujudkan desa aman dan kondusif.

Lomba Satkamling ini digelar dalam rangka merayakan ulang tahun Bayangkara yang ke-77 sebagai edukasi dan memotifasi masyarakat agar kembali mangaktifkan Pos Kamling.

Baca Juga  Tidak Ada Tersangka, Polres Majene Musnahkan Ribuan Obat Terlarang

“Pos Kamling yang terbaik dan memenuhi standar penilaian kami, nantinya akan dilombakan lagi pada tingkat nasional,” kata AKBP Setyo Hartono. SIK Wakil Direktur Binmas Polda Sulbar juga selaku Tim Penilai.

Ia juga berharap, masyarat dapat membantu tugas kepolisian dengan terbangunnya kembali Pos Kamling di masing-masing daerah.

“Setelah terbentuknya Pos Kamling, akan ada juga Pelatihan Satkamling, jadi warga yang bertugas di Pos Kamling akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman tentang keamanan,” pungkasnya. (Juita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *