MAJENE  

dr. Nurlinah Harap RSUD Majene Raih Akreditasi Paripurna Tahun Ini

Direktur RSUD Kabupaten Majene, dr. Nurlinah, Sp.P. (Ist).

sorotcelebes.com | MAJENE — Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit dan keselamatan pasien sehingga tercapai tata kelola Rumah Sakit dan tata kelola klinis yang baik serta sebagai pelaksanaan program pembangunan kesehatan nasional perlu dilakukan akreditasi sesuai dengan standarnya.

Karena itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Majene melaksanakan kegiatan survey Akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP) selama 3 hari, yakni tanggal 11, 15 dan 16 november 2023.

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat.

Baca Juga  Dorong Produksi Hasil Pertanian, Dandim 1401 Majene Beri Bantuan ke Kelompok Tani

Dalam memberikan pelayanan, Rumah sakit harus memperhatikan mutu dan keselamatan pasien. Pemenuhan mutu pelayanan di Rumah sakit di lakukan dengan 2 cara yaitu peningkatan mutu secara internal dan external.

Peningkatan mutu internal adalah upaya yang dilakukan oleh Rumah sakit itu sendiri secara berkala antara lain penetapan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi indikator mutu serta pelaporan insiden keselamatan pasien. Karakter pelayanan bermutu antara lain : aman, tepat waktu, efisien, efektif, berorientasi pada pasien, adil dan terintegrasi.

Peningkatan mutu secara internal menjadi hal terpenting bagi Rumah Sakit untuk menjamin mutu pelayanan.

Baca Juga  Tidak Ada Tersangka, Polres Majene Musnahkan Ribuan Obat Terlarang

Sedangkan Peningkatan mutu external salah satunya adalah akreditasi.

Hal itu diuraikan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Majene, dr. Nurlinah, Sp.P kepada awak media melalui pesan WhatsApp, Rabu, (15/11/2023)

Menurutnya, Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit setelah dilakukan penilaian bahwa Rumah Sakit telah memenuhi standar akreditasi yang telah disetujui oleh pemerintah.

“Pada penilaian akreditasi kali ini, semoga RS memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan yaitu “Paripurna”. Untuk mencapai hal tersebut, kami melakukan persiapan dan berupaya memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan,” inginnya.

Baca Juga  Dorong Implementasi Perda No 1 Tahun 2023, PD Aman Majene Gelar Workshop

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Asisten 1 bidang pemerintahan, Bustamin sebagai representatif dari pemilik Rumah Sakit yaitu Kepala daerah kabupaten Majene.

“Dengan adanya Akreditasi di Rumah Sakit, pelayanan semakin meningkat dan dapat mencegah hal-hal yang tak diinginkan seperti pasien gawat darurat dapat segera ditangani sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di Rumah sakit,” harap Bustamin.

Hadir juga Dewan pengawas RS sekaligus Kadinkes dr. Rahmat Malik dan Rusdi Hamid.,SKM.,M.Kes sebagai anggota dewas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *