MAJENE  

Pimpin Upacara Pembukaan Perkemahan dan PTS Bhayangkara Majene, Wakapolres : Junjung Tinggi Nilai Disiplin

Upacara pembukaan perkemahan dan penerimaan Tamu Saka (PTS) Bhayangkara Cabang Majene yang dipimpin Wakapolres Majene, Kompol Syaiful Isnaini di Lapangan Sport Centre Majene, Kelurahan Ranggas, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Kamis (26/10/23).

sorotcelebes.com | MAJENE — Satuan Karya Pramuka atau Saka Bhayangkara adalah salah satu cabang kegiatan Pramuka di Indonesia yang fokus pada kegiatan yang berhubungan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta mengembangkan potensi dan keterampilan anggota muda bergerak di bidang keamanan dan pertahanan negara.

Dalam sejarahnya, Saka Bhayangkara didirikan pada tahun 1972 oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan menjadi salah satu saka terbesar di Indonesia. Seragamnya sendiri memiliki ciri khusus, di mana di bagian belakang terdapat tulisan “Saka Bhayangkara”.

Kegiatan yang terkandung di dalamnya juga sangat bermanfaat seperti pembinaan, pelatihan, dan pengembangan keterampilan yang berkaitan dengan keamanan dan pertahanan negara.

Baca Juga  Permohonan Pengajuan Manfaat JKM Almarhumah Nurjannah Tidak Eligible

Nantinya, setiap anggota akan dilatih untuk berperan aktif dalam membantu tugas keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan sekitarnya, seperti menjaga keamanan di sekolah atau lingkungan tempat tinggal, sesuai dengan peran dan tujuan dari wadah moral ini.

Oleh karena itu, seluruh anggota Saka Bhayangkara dan calon anggota Saka Bhayangkara diharuskan menjadi pemuda dan pemudi kreatif serta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai disiplin.

Hal ini diamanatkan Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Majene, Kompol Syaiful Isnaini saat memimpin upacara pembukaan perkemahan dan penerimaan Tamu Saka (PTS) Bhayangkara Cabang Majene yang digelar di Lapangan Sport Centre Majene, Kelurahan Ranggas, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Kamis (26/10/23).

Baca Juga  Kemenkumham Sulbar Dorong UMKM Majene Daftarkan Merek

“Saya berpesan kepada seluruh anggota Saka Bhayangkara dan calon anggota Saka Bhayangkara agar tidak terlibat dalam pergaulan bebas dan kenakalan remaja yang dapat merusak masa depan,” pinta Syaiful Isnaini.

Lebih lanjut Wakapolres menjelaskan, melalui kegiatan ini, calon anggota Saka Bhayangkara dapat memahami betapa pentingnya gerakan Pramuka, yang merupakan wadah pembinaan generasi muda dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga non-formal yang berperan penting dalam pembentukan karakter, kepribadian, jasmani, serta pengembangan pengetahuan dan keterampilan.

Baca Juga  PD Aman Majene Genjot Komunitas Adat Petakan Wilayah

“Acara ini menjadi langkah positif dalam mempersiapkan pemuda dan pemudi yang berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat,” harapnya

Perkemahan dan penerimaan tamu Saka Bhayangkara ini diikuti siswa-siswi SMK/SMA/MA di Kabupaten Majene yang merupakan calon anggota Saka Bhayangkara, serta para pengurus Saka Bhayangkara Cabang Majene.

Pembukaan perkemahan ini juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan, termasuk Pinca BPD Cabang Majene, Kasat Binmas Polres Majene, Kasat Samapta, Kaur Bin Ops Sat Binmas, Wakapolsek Banggae, dan pengurus Saka Bhayangkara Cabang Majene.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *