DAERAH  

Kadis Kominfopers Sulbar Paparkan Program Prioritas 2024 di Forum OPD

MAMASA–Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfopers) Sulbar menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Se-Sulbar, Kamis 16 Februari 2023.

Bertempat di Hotel Sajojo Mamasa, kegiatan itu dilaksanakan secara luring dan daring. Pada forum tersebut Kepala Dinas Kominfopers Sulbar Mustari Mula memaparkan program prioritas Dinas Kominfopers Sulbar 2024.

Kepala Dinas Kominfopers Sulbar Mustari Mula mengatakan, program prioritas Dinas Kominfopers Sulbar 2024 terbagi di dalam empat bidang, yaitu pertama urusan Bidang Aplikasi Informatika, terdiri dari peningkatan SDM TIK Dinas Kominfo kabupaten (target 15 orang), penyediaan jaringan internet desa (target 12 desa di enam kabupaten), pelatihan manajemen tata kelola SPBE (target 24 orang), pembangunan koneksi jaringan intra provinsi antar kabupaten (target enam kabupaten).

Baca Juga  Sebanyak Rp 26 Miliar Dana APBD Dikucurkan Biayai BPJS Kesehatan Gratis di Majene

Kedua, urusan Bidang Komunikasi Informasi terdiri dari, peningkatan kapasitas SDM untuk penulis berita, fotografer dan jurnalis TV (target 90 orang), pengembangan SDM Admin PPID dan SP4N Lapor (target 84 orang), peningkatan kapasitas SDM Tenaga Editor Video dan Desain Grafis (target 50 orang) dan perluasan lokus untuk Senter KIM (target 200 orang).

Baca Juga  Lestarikan Budaya, BPK Sulteng-Sulbar dan Disbudpar Majene Gelar Workshop Sayang-Sayang

Ketiga, urusan Bidang Statistik terdiri dari koordinasi dan sinkronisasi pengumpulan, pengolahan, analisis dan diseminasi data statistik sektoral (target enam dokumen), peningkatan kapasitas SDM Pemda dalam peningkatan mutu statistik daerah yang terintegrasi (target 12 orang), jumlah standar data dan metadata statistik sektoral (target enam dokumen), peningkatan kapasitas kelembagaan statistik sektoral (target 30 orang) dan penyelenggaraan otorisasi statistik sektoral di daerah (target enam dokumen).

Keempat, urusan Bidang Persandian terdiri dari asistensi pembentukan CSIRT (target satu kabupaten), workshop asessment cyber security maturity (CSM) (target lima kabupaten) dan Asistensi penyelenggaraan sertifikat elektronik (target satu kabupaten).

Baca Juga  Kapolda Sulbar Harap Personel Berikan Pelayanan Terbaik Hingga Akhir Operasi Ketupat

Pada forum itu, menghadirkan narasumber lainnya, yakni Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Bappeda Sulbar Muhammad Nur Dadjwi, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulbar Mu’min (pemaparan secara daring) dan Komisioner Komisi Informasi (KI) Sulbar, Dulhaj Muchtar Mahmud. Pemaparan dipandu oleh Sekretaris Dinas Kominfopers Sulbar Andi Hidayah Arif.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan pembahasan pada masing masing desk yang terbagi dalam tiga urusan yaitu, urusan persandian, statistik, dan aptika. (mhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *